Sunday, December 12, 2004

semua orang adalah guru (dirumah bag 4)

kata-kata ini aku ambil dari syair seorang pengamen di bis. aku setuju sekali dengan pendapat itu. sesederhana apa pun orang itu, pasti ada hal yang bisa kita pelajari dari dia. pelajaran yang mungkin lupa atau belum diajarkan oleh orang lain.

memang mudah untuk belajar pada seorang guru, pelatih, tentor, dosen, profesor, dan orang-orang yang kita yakinin lebih hebat dari kita, apalagi memiliki skill untuk menularkan ilmu ke kita. Tapi dengan orang-orang yang sederhana? yang mungin ga pernah seklolah sama sekali? Wah butuh kerendahan hati yang cukup untuk bisa. Pertama kita harus cukup rendah hati untuk menerima pemikiran-pemikiran mereka. Kedua kita harus cukup rendah hati untuk membuat mereka percaya bahwa kita mau mendengarkan dan memahami pemikiran mereka, bukan melecehkan. Boleh dikata rendah hati adalah ramuan pemunah halangan antara kita dan mereka.

yang paling aku suka pelajari dari orang-orang sederhana itu adalah kesederhanaan itu sendiri. bagai mana orang-orang yang menurut kita powerless bisa kuat bertahan menghadapi kejamnya dunia. waktu aku dipercaya jadi konsultan p[abrik keramik rakyat, aku merasa tabjub saat mempelajari kehidupan buruhnya. mereka digaji kurang dari umr, rata-rata 300-an ribu. tapi mereka masih bisa becanda dan menghadapi hidup tanpa banyak mengeluh. mereka masih bisa menghidupi keluarga dan menabung, asih bisa kencan bagi yang masih bujang sekaligus menyisihkan uang untuk menikah (hal yang belum bisa aku lakukan). hebatnya mereka masih bisa menyisihkan uang untuk berhibur meski sekedar main ps beberapa jam dalam seminggu. salutnya lagi ketika temanku menawari mereka untuk belajar komputer (yang udah tamat smp) mereka tampak antusias, dan bahkan mereka lebih cepat menguasai materi dari yang kami duga.

tentu saja kita tidak berharap hidup seperti mereka, tapi kita bisa belajar bagai mana mereka begitu pandai memisahkan antara kebutuhan dan keinginan.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home