Wednesday, November 26, 2008

Langkah pertama

"Perjalanan ribuan miles dimulai dengan satu langkah" (anonymous)

Setiap perjalanan selalu dimulai dengan sebuah langkah, tak peduli seberapa jauh atau kah dekat, harus dimulai dengan satu langkah. Mungkin langkah pertama ini tak terlalu penting, tapi sebenarnya sangatlah berarti. Tanpa langkah pertama, tak kan ada langkah ke 2, ke 3, dan seterusnya. Disinilah niat diucapkan, semua rencana mulai dijalankan.

Kadang kala kita merasa gamang untuk memulai langkah pertama. Khawatir apakah perjalanan ini akan mencapai tujuan, ataukah terhenti di tengah jalan, atau justru akan tersesat? Tanpa memulai dengan sebuah langkah, kita akan terus terikat pada kekhawatiran itu. Dan tanpa melangkah, kita tidak akan pernah sampai ke mana-mana. Yang penting mulai dulu. Semua persiapan, rencana dan pertimbangan tidak akan berguna tanpa kita mulai melangkah. Selanjutnya berdisiplinlah dengan rencana, namun tetap luwes terhadap keadaan. Jangan mudah tergoda untuk dengan mudah berubah rencana.

Perjalanan adalah kiasan dari sebuah proses. Sebuah kerja yang terus berkesinambungan. Tak perlu risau akan hal buruk yang mungkin akan terjadi. Ketahuilah bahwa kenyataan seringkali tak seburuk yang kita pikirkan. Bahkan semuanya akan terasa indah pada waktunya.

[foto diambil di Pantai Dapur Bunda (Kemala beach) Balikpapan]

Labels: