Friday, October 31, 2008

Tempat Pangeran Diponegoro ditangkap


P: Dimana Pangeran Diponegoro ditangkap?
J: Di Magelang
P: Magelangnya mana? Magelang kan luas?
J: Di Kantor Karisidenan Kedu
P: Pernah kesana?
J: Belum!

Kalo yang jawab gitu magelanger, malu banget dech. Tapi jujur banyak yang gitu kan? Aku pernah ke sana, tapi ga pernah masuk ke ruangan penangkapannya. Cuma intip-intip, karena kesana bukan di jam kerja, jadi kuncen nya udah pulang. Kalo ke sana gratis kok!
Diruangan itu masih ada meja kursi saat terjadi perundingan akal-akalan kompeni itu, termasuk kursi yang lengannya membekas remasan tangan pangeran Diponegoro saking geregetannya kepada kompeni. Bahkan ada juga mantel yang konon milik pangeran.
Selain ruangan penangkapan, diluar ada juga benda-benda peninggalan disimpan disana, ada banyak patung yang sudah tidak utuh lagi, beberapa lingga yoni, dan sepasang meriam kuno. Disana juga ada 20 ekor kijang (kata penjaganya, tapi yang aku lihat cuma sepasang).

Gedung itu juga menghadap ke lembah progo, dari situ terlihat jelas desaku yang ku cinta, pujaan hatiku, tempat ayah dan bunda, dan handai tolanku (emangnya lagu?) Kalo cuaca lagi cerah, gunung sumbing akan terlihat indah dan gagah! Apa lagi saat sore hari, sun set nya ok banget.

Kalo ke Magelang mampir ya, biar bisa menjawab: SUDAH!

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home