Thursday, October 30, 2008

Dapur Bunda, Dalmas Beach, Pantai Kumala, wherever lah!


Kota Balikpapan adalah kota yang nempel dengan pantai. Pantainya asyik lho! Pasirnya putih. Sayang banyak yang hilang karena kegiatan reklamasi pantai. Tapi ada 2 tempat di kota yang pantainya masih dijaga keasliannya: Pantai Monumen dan Dapur Bunda.

Disebut Pantai Monumen karena disitu ada monumen perjuangan rakyat Kalimantan.
Dapur Bunda, punya nama alias yaitu Dalmas Beach dan Pantai Kumala. Disebut pantai dapur bunda karena ada rm. Dapur bunda, tapi karena sarana rekreasi itu dibangun oleh Polda, terdapat nama ”Dalmas Beach” di tower life guard (yang selalu kosong karena fungsinya bukan untuk menjaga keselamatan pengunjung, tetapi untuk jaga kalo para Perwira Tinggi Kepolisian meeting di situ). Namun belakangan di pintu gerbangnya tertulis nama: ”Pantai Kumala”

Sarana rekreasi ini ada di belakang rumah dinas Kapolda, jadi boleh dibilang di situ aman dari kejahatan, soale nama kepolisian pasti coreng moreng kalo ada kejahatan di sana. Thanks God, kita jadi merasa safe di sana.

Sayangnya karena lokasinya ga jauh dari pelabuhan, dan ada di dekat pusat kota jadi banyak sampah yang terdampar di sana dari laut. Mungkin dari sampah yang dibuang dari kapal, atau sampah yang dihanyutkan di sungai / selokan dan bermuara ke laut.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home