Sunday, October 04, 2009

Hari batik

Menjelang tanggal 2 Oktober, face book udah rame soal batik. Soale tanggal itu Batik Indonesia mendapat pernyataan resmi dari UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Rasa bangga, bahagia, dan syukur diwujudkan dengan ajakan untuk kompakan pakai baju batik. Kalo kita yang udah biasa pakai baju batik tiap jumat, perasaan itu jadi kurang. habis udah jadi kebiasaan kalo hari jumat pake batik.

Jadi ingat 3 tahun lalu ktika pertama kali harus pake batik tiap hari jumat. Waktu itu aturannya masih untuk SAE ke atas. Waktu itu banyak yang tidak nyaman bahkan protes dengan aturan itu. Bahkan ada yang mengolok-olok: "kayak pak Camat"

Aku termasuk yang menyambut aturan itu dengan suka cita. Soale kalo pake batik rasanya lebih nyantai tapi tetap stylish dari pada pake hem berdasi. Rasanya juga jadi nyaman karena leher ga diikat dengan dasi. Hem juga ga perlu dimasukkan ke celana, nanti masalah dikira kayak anak sekolah.

Karena aturan awalnya hanya SAE keatas yang harus pake batik (bahkan terkesan hanya SAE keatas yang boleh pake batik), jadinya malah lucu. eaktu prospek marketingnya pake dasi, managernya pake batik. Seolah-olah justru managernya itu pengawalnya ha ha ha. Akhirnya aturan direvisi, setiap hari jumat semua pake batik.

Ketika pindah ke Balikpapan, staff sini pada kagum karena kita dianggap bisa mengikuti kebiasaan lokal tiap jumat pake batik. Ternyata disini swasta dan negeri tiap jumat pake batik, meski tidak semua swasta begitu. Anehnya disini lebih banyak yang pake batik jawa dari pada batik lokal. Soale batik jawa lebih mudah ditemukan dan murah karena batik printing. malah mereka sendiri bilang motif batik jawa lebih bagus. Di kantor cabang balikpapan aturan soal batik diperlunak. Kalo dulu harus lengan panjang, sekarang lengan pendek pun boleh. Ga ada pengumuman resmi sich, tapi brance manager nya pernah pake lengan pendek ya akhirnya yang lain ikutan he he he. Tapi aku sich tetep kekeh dengan batik lengan panjang.

Aduh jadi tambah cinta dengan baju batik. Sayang baju batikku selama ini semua printing. Lagi cari-cari batik tulis di internet, jadi kalo ada rejeki bisa langsung order. So pasti keren! Oh ya, foto itu adalah foto 3 tahun lalu ketika pertama kali aturan pake batik berlaku di surabaya.