Monday, October 11, 2004

Memecahkan masalah biasa tidak bisa dengan cara berfikir biasa

Ini kisah tentang tiga orang pemburu profesional. Mereka menyewa kapal terbang untuk menerbangkan mereka ke padang rumput ditepi sebuah rimba. Sesampainya disana dia meminta sang pilot untuk menjemput mereka di tempat yang sama tiga hari kemudian.

Sesuai kesepakatan tiga hari kemudian sang pilot menjemput mereka di tempat yang sama. Rupanya mereka berhasil memperoleh banyak hewan buruan hingga bagasi pesawat tidak muat.

“bagai mana ini, kita tidak mungkin bisa membawa semua hasil buruan ini pulang, temapatnya tidak cukup?” keluh pilot

pemburu pertama berkata,”gampang ikat aja di atas pesawat”

pilot terkejut mendengarnya,”yang bener aja, emangnya ini mobil? Mana mungkin mengikat muatan di atap”

pemburu kedua,”bisa aja kok! Kami biasa melakukannya.”

Akhirnya hewan buruan yang tidak bisa masuk bagasi diikat diatas pesawat. Dengan susah payah pesawat itu berhasil tinggalandas. Tapi baru lima menit pesawat itu jatuh. Kompas, GPS dan semua alat navigasi rusak. Tapi semua penumpang dan pilot selamat.

Si pilot bingung dan takut,”bagai mana ini, kita tidak tahu dimana kita jatuh, kita tidak akan bisa kembali!”

Pemburu ketiga berkata,”tenang aja, kita punya banyak hasil buruan untuk dimakan sambil menunggu tim penyelamat datang.”

Si pilot,”tapi bagaimana mereka bisa segera tahu dimana tempat kita jatuh?”

Pemburu pertama menjawab,”mereka pasti tahu, karena kami biasa jatuh disini.”

Nah lho! jadi mereka udah berkali-kali jatuh disitu karena mereka selalu memecahkan masalah yang sama dengan cara yang sama, hingga hasilnya sama aja!

Moral dari cerita ini adalah kita tidak akan pernah bisa memecahkan masalah yang biasa kita hadapi dengan cara yang biasa kita lakukan karena masalah yang serupa akan datang lagi! Kita perlu cara berfikir yang berbeda agar masalah yang serupa tidak akan terjadi lagi!

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home